life is..

hidup adalah 10 % yang sebenarnya terjadi pada diri kita dan 90 % bagaimana cara kita menyikapinya...

Senin, 22 Februari 2010

DULU,KINI ATAU NANTI ??


Sambil mengerutkan kening mendengarkan judulnya yang terlihat sangat acuh...hoho

cuma orang-orang cuek yang gak peduli tentang kehidupan masa lalu, sekarang dan masa depannya lah yang mengatakan hal itu...

trus gimana dengan kaliaaaannn ??

BIG NO ! NO ! for that...

yeaahhh...

someone told me :


"kalau mau melihat orang lihatlah bahasa yang digunakannya,kata apa yang paling banyak dipakai dalam percakapannya.
kata2 masa lalu (pass tense), kata2 sekarang (present tense) atau kata-kata masa datang (future tense)"

i like that statements...
it opens my mind....
terimakasih bapak atas petuahnya.. :)

menurutnya :pola pikir dan afirmasi yang akan menentukan tujuan dan arah hidup kita.
"orang2 yang selalu bicara masa lalu dan terbelenggu olehnya akan sulit beradaptasi dengan masa sekarang, apalagi melihat
masa depan.
orang yang mayoritas bicara masa kini fokus jangka pendek dan bisa terbuai dengan zona kenyamanannya.
orang yang lebih banyak bicara masa depan jelas berpikir ke depan namun bisa lupa mereka juga harus hidup hari ini."

"gunakanlah pembicaraan kita sehari-hari untuk memberi makanan kepada pikiran kita kepada hal yang positif, membuat
kita semangat hari ini dan punya rencana masa depan yang jelas."

hmmmmm....

emang pada prakteknya susah banget,,
tapi kan ga ada kata terlambat untuk memperbaikinya......it's about your mind
and your action..right?

gw juga bingung..
harus mulai dari mana..
kadang kan kita gak pernah sadar apa yang udah kita omongin itu secara gak langsung tertanam di pikiran kita lalu
berlanjut pada tindakan kita....

hmm,,jadi intinya mulai sekarang,,,harus lebih peka sama apa perkataan kita sendiri ataupun orang lain yang kita ajak ngomong..


STUDI KASUS :

Beberapa contoh yang (menurut gw) mewakili diskusi kita diatas :

karakteristik orang yang selalu bicara masa lalu :
"dulu sih gw biasanya kalo pagi dibangunin sama nyokap, disiapin sarapan sama bibi, dianterin ke sekolah sama bokap gw,
udah enak banget kaya gitu dan mereka juga ga masalah sampe sekarang..(bla..bla..bla..)

karakteristik orang yang selalu bicara masa kini :
"sekarang gw udah punya mobil sendiri, jadi gw bisa kemana-mana sendiri...shopping n nyalon sendiri jadi gw gak butuh
si X untuk nganterin gw ke tempat yang gw suka,,bye-bye deh tu si X..haahaaa"

karakteristik orang yang selalu bicara masa depan :
"nanti nih ya,,pas udah umur 25, gw bakal married sama lelaki idaman gw, punya anak 2 cukuplah..secara
gw ngedepanin yang namanya KB forever !, trus nanti anak gw yang pertama harus cowok, biar bisa jadi penerus bapaknya kalo
udah gak ada ntar..oia,,yang kedua mesti ceweklah,,biar balance..yang cewek mesti cantik kayak ibunya, pengen gw les-in balet
biar hebat kayak Sherina...pokoknya gw mau kedua anak gw itu jadi orang ternama di Indonesia tercinta gw ini..hahaha"

hmm,,,,,,ya itulah kurang lebih contohnya..

kalo kita analisis satu-satu..yah beginilah hasilnya :

karakteristik orang yang selalu bicara masa lalu

dia selalu mengedepankan kata "dulu", dan dia gak mau bangkit dari masa lalunya..mengubah pola pikirnya dan megubah
kebiasaannya untuk menjadi lebih baik di masa sekarang bahkan di masa yang akan datang.

karakteristik orang yang selalu bicara masa kini :

dia terjebak dalam situasi nyaman di masa sekarang, lupa masa lalunya yang seperti apa dan tidak mengindahkan masa
depannya akan seperti apa kelak, karena dia sudah terjebak dalam "zona aman"
so waspadalah !!

karakteristik orang yang selalu bicara masa depan :
terlalu banyak berandai-andai, tidak ingat bahwa ada sesuatu yang lebih penting di masa kini, dan terlampau
melupakan masa lalunya..
dia lupa pesan Sookarno : jasmerah !!
jangan sekali-kali melupakan sejarah !!..hoho

lantas...lantass..lantas..
gimana sih yang ideal ?

menrut gw,,

kata-katanya harus balance antara dulu,kini dan nanti,,

CONTOHNYAA??

misalnya kaya gini menurut gw :



"dulu kalo pagi gw masih suka dibangunin nyokap, tapi sekarang udah bisa bangun sendiri karena udah pasang alarm di hape gw
dan berharap nanti gw bisa bangunin adik-adik gw, kan itu bisa ngurangin beban nyokap gw kalo pagi-pagi..
soalnya pagi tuh nyokap gw kerepotan banget,,selain harus bangunin bokap dan adik-adik, dia juga harus nyiapin sarapan
dan prepare sendiri buat pergi ke kantor, apalagi kantornya jauh banget dari rumah dan gak sejalur sama kantor bokap gw,
jadi mereka mesti naek angkutan umum yang berbeda, soalnya kan di rumah gak ada kendaraan pribadi.."


tapi ada juga hambatannya sih,,ga semudah itu lo bisa ngomong kayak gitu...

apa aja sihh?

1. sebelum lo selesai ngomong, tiba-tiba kata-kata lo udah diputus sama temen lo..jadi terpaksa berhenti..
padahal konsep lo udah jelas (menyangkut kata-kata dulu,kini dan nanti)

2. belom selesai ngomong, udah disanggah sama temen...
padahal kan belom jelas apa yang ingin disampaikan...jadinya apa yang ada dipikiran lo kurang tersampaikan kepada mereka..


SOLUSIII ??

DON'T WORRY ABOUT THAT...

sepanjang kata-kata itu jelas dan sudah tertanam di pikiran kita,,maka secara gak langsung bakal terbawa dalam
tindakan kita..
menurut gw,,jadi gak begitu penting kata2 itu untuk diucapkan dengan harapan orang-orang sekitar mau mendengarkannya..
ini menyangkut hidup kita... bukan hidup mereka kan???
yang penting hasilnya bisa dirasakan sama orang-orang sekitar, jadi ga mesti diomongin dulu,,langsung aja
tunjukkan progress lo !!
pasti mereka pun akan ngerasa perubahan yang ada di dalam diri lo !

so,,save your words in your mind and show it with your action !!!

keep achieve..

spirit never dies.. :D

belajar bareng untuk jadi lebih baik !!!


best regards
_wulan_

*maaf kalo ada kata2 yang salah, ga dimengerti maupun membuat anda tersinggung*
ini hanyalah sekedar pendapat saya ...XD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar