life is..

hidup adalah 10 % yang sebenarnya terjadi pada diri kita dan 90 % bagaimana cara kita menyikapinya...

Sabtu, 27 Februari 2010

Bukan Bengkak Biasa


Aku mau sedikit cerita tentang pengalaman liburan semester 2, ada hal yang tidak pernah aku harapkan terjadi saat liburan itu.
Begini kronologisnya :

Minggu, 2 Agustus 2009

Sore itu, ayah dan ibuku menemaniku pergi ke mall untuk bermain ice skating. Kami sampai pukul 16.00, karena kami belum menunaikan sholat ashar, kami pun bergegas mencari mushola terdekat dari parkiran. Setelah sholat kami langsung bergegas ke arena ice skating. ke Aku mendapat jam main dari pukul 5 soresampe pukul 7 malam.


Karena terpotong sholat maghrib, aku berhenti bermain sebelum jam mainnya habis untuk menunaikan sholat maghrib. Setelah itu kami merencanakan untuk makan malam dilluar mall. Karena letak parkiran kami cukup jauh dari arena ice skating, waktu isya pun tiba. Ayah dan aku pun bergegas sholat isya di mushola dekat parkiran, ibu tidak ikut sholat karena sedang
berhalangan, beliau menunggu di depan mushola. Aku pun mengambil air wudhu dahulu, setelah itu aku bilang sama ibu : ‘bu, wulan pake mukena yang ada di dalem mushola aja..’ (aku bilang gitu karena pengalaman sholat ashar tadi,aku lihatdi dalem mushola banyak mukena yang tampak wangi dan bersih), kata ibu : ‘udah pake yang dibawa aja, ntar yang disana bau lagi !’ , aku menjawab ‘ enggak kok bu..wangi kok !. ..Wangi ,,bu !’ sambil nutup pintu mushala-nya..gak kerasa tau-taunya pintu itu menjepit kakiku..reaksiku sih Cuma teriak kesakitan,abis itu langsung menjalani sholat isya. Sakitnya emang masih membekas ketika aku selesai sholat, tapi gak begitu sakit. Kami pun pulang. Sesampainya di rumah,aku liat kembali jempol kaki kananku, ternyata ujung kukunya udah terkelupas setengah, lagsung aku ambil gunting kuku
untuk memotong sisanya agar gak kesandung pas jalan. Gak lupa aku juga mengoleskan minyak tawon ke kakiku, agar gak bengkak nantinya.

Senin, 3 Agustus 2009

Jempol kaki kananku emang masih ngilu, tapi aku masih bisa beraktivitas seperti biasa. Sesekali aku oleskan minyak tawon
supaya gak bengkak.

Selasa, 4 Agustus 2009

Hari ini ayahku ulang tahun yang ke-44 tahun. Ayah mau merayakannya dengan mengajak aku, adikku dan ibu makan diluar. Ketika akan berangkat, aku ngerasa jempol kakiku lebih sakit dari hari biasanya, namun aku tetap berangkat. Sepulangnya makan, aku minta dibawa ke dokter,tapi karena udah malam, maka ibu memutuskan untuk ke dokter besok pagi aja.
Aku pun setuju. Sesampainya di rumah, aku mengoleskan revanol dengan kapas kea arah jempol kaki kananku. Setelah itu, kami sekeluarga bergegas untuk tidur. Malam itu, aku gak bisa tidur lantaran rasa sakit di jempol kaki kananku yang semakin menjadi-jadi. Jadi sampai pagi aku tetap gak bisa tidur. Hoamm..



Rabu, 5 Agustus 2009

Pagi itu aku dan ibu pergi ke dokter. Setelah dokter memeriksa jempol kaki kananku, beliau mengompres lukaku dengan kapas dan revanol. Kemudian beliau menuliskan resep dan mengatakan bahwa kukunya sudah masuk, jadi harus dilaksanakan operasi kecil agar tidak kambuh lagi sakitnya. Namun, pelaksanaannya tunggu sampai lukanya tidak membengkak.
Mendengar kata ‘operasi’, aku dan ibu kaget dan sedikit gak percaya kalo bengkak gini aja mesti harus dioperasi. Dokter juga menyarankan agar rutin mengompres jempolnya setiap 2 jam sekali. Setelah itu, kami pun pulang ke rumah. Langsung aku minum obatnya karena sudah sarapan. Kemudian aku juga langsung mengompres jempolku berharap bengkaknya
langsung bisa kempes. Namun ternyata tidak langsung membawa hasil yang signifikan.

Ada beberapa perubahan yang terjadi dari hari sebelumnya, diantaranya : jalanku jadi agak pincang (kaki kiriku harus menjadi tumpuan kaki kananku), sholat juga mesti duduk lantaran kaki kiriku gak kuat untuk menapak lantai.

Malamnya, ayahku pulang kerja tidak seperti biasanya, beliau juga mengeluh kesakitan pada kakinya,ternyata asam uratnya kambuh. Ibuku saat itu benar-benar diuji kesabarannya,karena suami dan anaknya sama-sama sedang sakit. Meskipun ayahku sedang sakit juga, namun beliau tetap memberi perhatiannya padaku, ia mengontrol jempol kaki kananku. Ibuku menceritakan anjuran dokter tadi pagi bahwa aku harus menjalankan operasi kecil agar tidak kambuh lagi.
Ayahku juga kaget mendengarnya, karena beliau sangat mengharapkan kesembuhan padaku, lalu beliau mengeluarkan obat cina andalannya.hehe.. Obat tersebut memang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis luka, karena pengalaman ayah dan tetanggaku yang sembuh karena menggunakan obat itu. Lalu ayah meneteskan obat cina tersebut ke jempol kaki kananku. Awalnya memang gak terasa apa-apa,namun lama-lama efek sakitnya baru terasa. Haduhh!!

gak lama kemudian,adikku datang untuk melihat kondisiku. Dia bercerita bahwa dia juga pernah mengalami hal yang serupa yaitu ketiban pintu yang membuat kukunya patah, pengobatannya pun sama, dia diobati dengan obat cina yang barusan ayah teteskan ke lukaku. Adikku merasa ada hasilnya, namun, ketika baru sembuh, adikku mendapat kecelakaan serupa saat bermain bola di sekolahnya alhasil kukunya patah dengan berlumuran darah. Setelah seminggu,Satpam sekolahnya segera mengobatinya yaitu dengan meneteskan lilin ke atas lukanya setelah lukanya dibersihkan. Adikku pun merasakan hasilnya, setelah beberapa hari dia sembuh total.

Mendengar cerita adikku, ayahku langsung mengambil tindakan. Ia langsung mengambil lilin dan korek api. Beliau meneteskannya ke atas lukaku. Aku pun cuma bisa pasrah dan terus berharap apapun usaha itu membawa dampak yang maksimal. Ternyata efeknya sakit juga, aku pun gak bisa menyembunyikan rasa sakit itu lagi. Huahh..

Setelah beberapa jam, lukanya pun kering. Aku langsung bergegas sholat isya. Kemudian aku mengoleskan thrombophob gel ke jempol kakiku, sekali lagi berharap agar bengkaknya cepat kempes.

*Thrombophob gel = obat penghilang bengkak dan penghilang nyeri

Malam pun semakin larut, waktunya untuk bergegas tidur. Tapi lagi-lagi aku gak bisa tidur akibat gak tahan menahan sakit.
hohhoho

Kamis, 6 Agustus 2009

Paginya, alhamdulillah asam urat ayahku sembuh karena malamnya minum jamu.hehee..
Ayah kembali mengontrol jempol kaki kananku. Beliau teringat sesuatu, ada daun ----- yang juga dipercaya untuk menghilangkanbengkak----.
Aku sih nurut aja kata ayah, yang penting sembuh deh pokoknya.^^

Hari itu gak banyak perubahan yang berarti , gak banyak aktivitas yang bisa aku lakukan, jalan pun masih pincang, sholat pun masih harus duduk.

Melihat kondisi jempolku yang gak ada berubahnya, malamnya ibu membawaku ke dokter yang berbeda. Dokter memeriksa lukaku, beliau bilang kuku di jempolku sudah masuk mengenai kulit. Hal itulah yang membuat jempolku membengkak. Matriks di dalam kukuku juga telah rapuh. Hal itu yang menyebabkan warna kukuku menguning. Awalnya aku menyangka itu adalah nanah, ternyata prasangkaku disanggah oleh dokter. Jadi, upaya penyembuhannya harus dilakukan operasi kecil untuk mencabut kuku di jempolku, namun operasi tersebut bisa
dijalankan setelah bengkak di jempolku kempes, jadi sekitar 3 hari lagi baru bisa dilaksanakan. Aku dan ibuku cuma bisa meng’iya’kan apa kata dokter. Kemudian dia meneteskan 2 jenis cairan diatas jempolku, yang satu warnanya bening n
yang satunya lagi warnanya kayak betadine gitu..Setelah berbincang2 dengan dokter lalu kami pun pulang dengan membawa 3 jenis obat yang berbeda.

Sesampainya dirumah aku langsung makan malam, lalu lekas minum obat yang baru saja diberikan oleh dokter.

Malam itu tiba-tiba kepikiran apa kata dokter tadi, tiga hari lagi tepatnya hari Senin, operasi kecil akan kujalani. Meskipun hanya operasi kecil, tapi ini adalah yang pertama dalam hidupku. Apalagi kuku di jempolku harus dicabut, huahhh?!?! Ngeri bangeett !!, pasti sakit bangeet dehh!! Meskipun Nanti bakalan dibius lokal, tetep aja ngerii !! Jadi ngebayangin jaman PKI dulu dehh, waktu para pejuang kita kukunya dicabut pake tang sama orang-orang yang gak manusiawi sama sekali itu.. masya Allah,,hal itu bikin aku parno !!. Tapi aku sadar, ini adalah jalan terakhir, jadi operasi itu harus tetap kujalani. Huft!! Kapok..kapok!! tobat sakitnyaa!!


Malam semakin larut, rupanya efek dari obat dokter mulai terasa, rasa sakit di jempol kakiku mulai mendingan. Malam itu aku bisa tidur dengan pulas..alhamdulillah !

Jum’at, 7 Agustus 2009

Hari ini, kakiku terasa semakin membaik. Memang masih bengkak dan sakit, tapi setidaknya ada perubahan dari kemarin.
Alhamdulillah !

Sabtu, 8 agustus 2009

Perubahan yang kurasakan benar2 trasa..alhamdulillah..
Sempet parno denger cerita tiara,,kalo temennya pernah mengalami hal yang serupa,, efeknya,, dan sebagainyaa!!
Tapi tetep optimis sembuh !! haruss!!


Minggu, 9 agustus 2009

Makin merasakan perubahan yang signifikan!!
Hari ini aku bisa main ke rumah nenek,,
Sempet panic juga waktu keponakanku lempar sendok,,eh kena jempolku!!
Waduuuhhh !! tapi namanya juga bocah ya kaga papa dahh.
Meskipuuunn sakit,huhuhu

Pas nyampe rumah,,sepulangnya dari rumah nenek,,kerasa ada yang beda banget dari kukuku,, kayanya goyang-goyang gitu,,
udah pengen copot kali yak?? Mungkin obatnya ber-efek begitu??? Entahlah,,

Malem itu pikiranku Cuma ‘apa yang bakalan terjadi besok malem’???
Pengen cepet2 ngejalaninnya meskipun takut!!
Tapi juga pengen cepet2 sembuh dan ngelakuin aktivitas kembali secara normal!!
Entah kenapa malem itu aku jadi semangat banget !!
Pengen cepet2 malem senen..hehehhehee!!

Senin..10 agustus 2009

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba..
Memang sangat menegangkan,,,hoho

Malam itu aku diantar ibu pergi ke dokter,

Tubuhku berbaring diatas tempat tidur, dokter dan suster lagi nyiapin alat-alat operasinya..gunting,pisau,perban,suntikan dan lain-lain.
Wuaaaahhh,,serem juga ngeliat gunting dan sebagainya itu..

Akhirnya..
Nyusss… jarum suntik itu menusuk tepat di jempol kaki kananku..
Rasanya nyut-nyutan dan agak pegel..
Jempolku dicabut dengan gunting,lalu diperban..
Waktu dicabut emang gak begitu sakit sih,,Alhamdulillah,,

Lalu beliau member resep obat dan sedikit memberi wejangan :
1. Kakinya gak boleh kena air dulu ya,,
2. Harus banyak makan makanan yanga banyak mengandung kalsium agar kukunya cepet tumbuh..yah,,3-6 bulan lah..
3. Jangan terlalu dalam memotong kuku, cukup pinggir-pinggirnya aja
4. Jangan terlalu sering memakai sepatu tertutup, biarkanlah kaki sesekali terbuka untuk bernafas…

Oke,,oke dokter,,siap ! laksanakann !! ?

Akhirnya kami pun pulang dengan hati riang…hheehe

Sampe dirumah langsung minum obat trus istirahat deh..:)

Beberapa hari kemudian aku merasakan keadaanku semakin membaik..
Jadinya aku bisa cepat-cepat pulang ke Solo untuk menunaikan kewajibanku,yaitu : KRS-an,ngurusin acara tujuh
belas agustus BEM FT sama persiapan untuk OSMARU FT 09..

Dan waktu pun berlalu dengan cepatnya…
3 bulan kemudian

Kuku di kakiku sudah tumbuh secara maksimal..alhamdulillah..
Makasiih ya Allah…aku punya kuku lagii,,,,horrayyy..
hehehe


Pelajaran yang bisa aku ambil dari kejadian ini adalah :
1. Masalah sepele ternyata akan berakibat fatal kalo gak segera diambil tindakan.
2. Harus lebih hati-hati dan gak boleh ceroboh lagi, jangan sampe kejepit pintu lagi,
potong kuku juga mesti hati-hati, jangan terlalu semangat sampe ke akar-akarnya,,hhe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar